Askariasis: Penyebab, Gejala, dan Perawatan

Askariasis adalah infeksi usus kecil yang disebabkan oleh Ascaris lumbricoides, yang merupakan spesies cacing gelang. Cacing gelang adalah sejenis cacing parasit. Infeksi yang disebabkan oleh cacing gelang cukup umum. Askariasis  adalah infeksi cacing gelang yang paling umum. Sekitar 10 persen Sumber terpercaya di negara berkembang terinfeksi cacing usus, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Askariasis paling umum terjadi di tempat-tempat tanpa sanitasi modern. Orang-orang mendapatkan parasit melalui makanan dan air yang tidak aman. Infeksi biasanya tidak menimbulkan gejala, tetapi cacing gelang dalam jumlah besar (infestasi yang lebih berat) dapat menyebabkan masalah di paru-paru atau usus. Askariasis  terjadi ketika jenis cacing gelang yang dikenal sebagai Ascaris lumbricoides menginfeksi usus kecil. Meskipun umum di seluruh dunia, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) menyatakan bahwa Askariasis  tidak umum di Amerika Serikat.

Gejala

Askariasis  adalah penyakit yang mungkin tidak menimbulkan gejala pada awalnya. Namun, ketika infestasi di dalam usus kecil tumbuh, seseorang mungkin mulai memperhatikan gejala, termasuk : sakit perut atau ketidaknyamanan, kehilangan selera makan, cacing terlihat di tinja, muntah, gangguan pertumbuhan pada anak-anak, penurunan berat badan, mual, diare, buang air besar tidak teratur. Pada infestasi yang lebih lanjut, cacing dapat melakukan perjalanan ke paru-paru. Jika ini terjadi, seseorang mungkin juga mengalami gejala, termasuk : demam, ketidaknyamanan di dada, batuk tersedak, lendir berdarah, sesak napas, mengi. Dalam kasus yang jarang terjadi, seseorang dapat mengalami komplikasi yang dikenal sebagai pneumonia aspirasi.

Apa yang menyebabkan infeksi Askariasis ?

Anda dapat terinfeksi Askariasis  setelah menelan telur cacing A. lumbricoides secara tidak sengaja. Telur dapat ditemukan di tanah yang terkontaminasi oleh kotoran manusia atau makanan mentah yang terkontaminasi oleh tanah yang mengandung telur cacing gelang. Anak-anak sering terinfeksi ketika mereka meletakkan tangan mereka di mulut setelah bermain di tanah yang terkontaminasi, menurut WHO. Askariasis  juga dapat ditularkan langsung dari orang ke orang.

Faktor risiko

Cacing gelang hidup di daerah di seluruh dunia tetapi paling umum di daerah subtropis dan tropis. Mereka juga jauh lebih lazim ditemukan di bagian dunia di mana sanitasi berada di bawah standar modern.

Faktor risiko untuk mengembangkan Askariasis  meliputi :

– terpapar kotoran yang terkontaminasi

– mengunjungi atau tinggal di daerah subtropis atau tropis

– tidak adanya sanitasi modern

– kurangnya pembuangan kotoran yang tepat

– menggunakan kotoran yang terkontaminasi sebagai pupuk untuk tanaman

Bagaimana cara diagnosis Askariasis ?

Dokter umumnya membuat diagnosis dengan memeriksa sampel tinja untuk parasit dan telur. Jika dokter mencurigai Anda menderita Askariasis , ia akan meminta sampel tinja dari Anda. Jika Anda didiagnosis menderita Askariasis, Anda mungkin memerlukan lebih banyak tes, seperti salah satu tes perawatan ini : Sinar-X, CT scan, USG, Pemindaian MRI, endoskopi, yang melibatkan penggunaan kamera kecil untuk melihat bagian dalam tubuh Anda Tes tersebut dapat menunjukkan berapa banyak cacing telah tumbuh hingga dewasa dan di mana kelompok cacing utama berada di dalam tubuh. Untuk mengevaluasi risiko komplikasi Anda, penting bagi dokter Anda untuk menentukan berapa lama Anda telah terinfeksi.

Bagaimana perawatan Askariasis ?

Dokter biasanya mengobati cacing gelang dengan obat antiparasit. Obat-obatan yang paling umum digunakan meliputi:

albendazole (Albenza)

ivermectin (Stromectol)

mebendazole (Vermox)

Jika Anda memiliki kasus lebih lanjut, Anda mungkin perlu perawatan lain. Dokter Anda mungkin merekomendasikan operasi untuk mengendalikan serangan yang lebih besar. Anda akan membutuhkan operasi jika cacing gelang benar-benar menghalangi usus Anda.

Sumber :

www.healthline.com

www.medicalnewstoday.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *